FEBI IDIA PRENDUAN TEKEN MoU DENGAN 3 UMKM DI KABUPATEN SUMENEP

Penandatangan MoU oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IDIA Prenduan Dr. KH. Holilur Rahman, M.H.I didampingi oleh Kaprodi Perbankan Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IDIA Prenduan tak henti-hentinya melakukan gebrakan dan inovasi dalam memberdayaan Ekonomi masyarakat, kali ini FEBI menggandeng 3 UMKM di Kabupaten Sumenep tepatnya di Kecamatan Bluto untuk menjalin Kerja sama dalam bentuk MoU.

Ketiga UMKM tersebut adalah HS yang memproduksi aneka macam kripik, seperti Kripik Singkong, Kripik Sukun, Kripik Pisang, Kripik Tales dan Rengginang Manis. Kemudian UMKM Desa Karang Cempaka dengan Kripik Pisang Emak-emaknya. Lalu UD. Karang Baru dengan produk andalan mereka: Stick Rumput Laut, Jus Rumput Laut, Kripik Rumput Laut, Mei Rumput Laut.

Dari Kanan: Kaprodi Perbankan Syariah, DPL Kordes Aengdake, Dekan FEBI IDIA Prenduan dan Owner UD. Karang Baru.

Isi MoU yang disepakati adalah: Melakukan pembinaan terhadap UMKM-UMKM tersebut dalam bentuk pemasaran, branding dan penjualan. Selain itu kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan mutu sumberdaya manusia melalui peningkatan pemberdayaan masyarakat dan ekonomi mikro.

Terjalinnya MoU ini tidak lepas dari peran dan usaha para mahasiswa semester akhir yang tengah menjalani program Praktik Pemberdayaan Masyarakat (P2M) di Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Madura. Mereka berhasil menggaet UMKM-UMKM yang ada disana untuk diajak berkolaborasi dan bekerjasama dengan IDIA yang dalam hal ini dibawah tanggung jawab Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Menurut Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IDIA Prenduan, Dr. KH. Holilur Rahman, M.H.I. MoU yang terjalin antara FEBI dan 4 UMKM tersebut merupakan wukud tanggung jawab dosen tim ekonomi di IDIA  dalam mengembangkan dan memberdayakan usaha masyarakat pun merupakan bentuk kesuksesan Program P2M yang tengah berlangsung di Kecamatan Bluto.

Nur Holis

Related posts

Leave a Comment