Hendak Dirikan Bank Mini Syariah, FEBI IDIA Gandeng Dinas Koperasi dan UMKM Gelar Penyuluhan

Memasuki Tahun Ajaran Baru 2020-2021, FEBI IDIA terus berpacu mengimbangi laju perkembangan zaman. Pada pertengahan tahun 2020 ini FEBI IDIA memiliki salah satu plan besar, yakni pendirian Bank Mini Syariah. 

Beberapa persiapan dan pemantapan sudah mulai digarab, dimulai dari proses pembentukan struktuk kepengurusan, pengajuan proposal ke Pimpinan Pondokaudiensi dengan berbagai pihak, hingga yang terakhir FEBI IDIA bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sumenep. 

Acara berlangsung di Meeting Hall Gedung Rektorat IDIA Prenduan yang dihadiri oleh Civitas Akademika IDIA dan FEBI, Mahasiswa dan beberapa undangan lain. Dari Dinas Koperasi dan UMKM secara khusus langsung dihadiri oleh Kepala Dinas yakni Bapak Drs. EcSustono, M.M., M.Si. 

Acara dipandu langsung oleh Dekan FEBI yang diikuti oleh seluruh struktur pimpinan dekanat dan program studi di lingkungan IDIA. Dekan menginformasikan latar belakang pendirian Bank Mini Syariah sebagai laboratorium program studi Perbankan Syariah.  

Kemudian sambutan selamat datang oleh pembantu rektor 2,  Dr. KH. Muhtadi Abdul Mun’im, MA, beliau menegaskan bahwa filosofi kehadiran bank mini syariah wujud syukur dari sebaik-baiknya manusia yang senantiasa menebar manfaaat  Selanjutnya penyuluhan oleh kepala dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep, DrsEcSustono, MM., M.Si. menegaskan potensi berkembangnya lembaga keuangan syariah yang semakin diminati masyarakat. 

Menurut Dekan FEBI, Acara penyuluhan tersebut  memiliki tiga manfaat: 

  1. Mendapat informasi yang detail baik teknis maupun administrasi tentang pendirian koperasi syariah.
  2. Mendapat teknik pengelolaan koperasi syariah
  3. Mendapat strategi pengembangannya

Besar harapan semoga Bank Mini Syariah ini akan menjadi sebuah investasi yang membuahkan hasil yang gemilang dan tentunya membawa keberkahan tersendiri bagi FEBI IDIA dan Keluarga Besar Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. 

Related posts

Leave a Comment