FEBI IDIA GANDENG MAHASISWA SUKSESKAN PROGRAM INKUBATOR BISNIS

Sabtu, FEBI IDIA (12/9/20) Bersamaan dengan pelaksanaan  Apel Tahunan 2020 Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) meluncurkan program inkubator bisnis. Program tersebut memiliki tujuan untuk membina, melatih dan mengembangkan bisnis bagi mahasiswa. Secara teknis FEBI menggandeng  Dewan Mahasiswa (DEMA) dalam pelaksanaan training tersebut. Hal tersebut dilakukan agar Fakultas dan Mahasiswa bisa berkolaboratif dan bersinergi untunk mensukseskan program tersebut.

Dalam launching sekaligus pembukaan perdana program Inkubator Bisnis Dekan FEBI Dr. KH. Holilur Rahman, MHI menegasakan bahwa program ini berusaha mengkolaborasikan seluruh stake holder untk bersama-sama merasa saling memiliki demi mengembangkan potensi bisnis yang ada di FEBI IDIA secara khusus dan PP. Al-Amien Prenduan secara umum.

Program inkubator bisnis yang ini didesain dengan perencanaan dan analisis bisnis yang sistematis. Di tahap perencanaan program tersebut mencoba memilih jenis barang yang akan dipasarkan. Dari hasil perencanaan ini disepakati bahwa Mahasiswa dan Dosen memilih jenis minuman segar yang akan ditawarkan kepada konsumen.

Pemilihan minuman segar ini beralasan karena  konsumen  utama yang disasar adalah para santri yang mengikuti apel tahunan 2020 yang berdurasi sekitar 4 jam pada siang hari. Maka yang menjadi kebutuhan adalah minuman segar seperti sari buah, es kopyor, es teh dan es kopi. Sehari sebelum pelaksanaan mahasiswa mulai membeli bahan-bahan untuk meracik, mengolah dan mempackingnya dengan rapi.

Peserta training juga menyiapkan daftar harga dan strategi pemasaran produk. Strategi ini terkait dengan penyesuaian perilaku konsumen dalam transaksi jual beli. Sehingga dalam seluruh rangkaian dirasa perlu untuk mencatat seluruh transaksi yang dilakukan.

Dalam kurun waktu empat jam peserta traning berhasil melakukan transaksi penjualan sebanyak 2.010 buah dengan jumlah uang yang didapat sebanyak  Rp. 8.303.000. Pencapaian ini dinilai oleh Kaprodi Perbankan Syariah, Mujibno, MM  bahwa program perdana inkubator bisnis dapat dinilai berhasil, bahkan transaksi yang terjadi yang melebihi ekspektasi. Yakni dari target 1.000 transaksi, ternyata peserta training berhasil mencapai  dua kali lipat.

Di akhir traning inkubator bisnis, pendiri PT. Indobismar, Dr. H. Siswanto, S.Sos, MM. yang kebetulan berkesempatan hadir memberikan motivasi yang menjadi angin segar bagi peserta training untuk berselancar mencari pengalaman bisnis, hal itu akan menjadikan para pebisnis mampu bertahan dan dan tetap eksis. Selain memberikan motivasi, beliau juga bersedia manjadikan PT. Indobismar sebagai media pengembangan bisnis dalam inkubator bisnis baik saat menjadi mahasiswa ataupun setelah menjadi sarjana.

Ketua Dewan Mahasiswa FEBI IDIA, Muhammad Samsul Solihin memberikan testimoni bahwa pengalaman dalam mengikuti program inkubator bisnis FEBI sangat bermanfaat dalam membentuk paradigma berfikir berbisnis serta memotivasi dan melatih mahasiswa dalam berani merencanakan dan mengaplikasikan bisnis.

Di akhir pelatihan Dekan FEBI Dr. KH. Holilur Rahman, MHI memberikan Rencana Tindak Lanjut (RTL) akan membentuk limited group bagi mahasiswa/i yang serius berbisnis akan diadakan training lanjutan dan pemberian modal investasi. Harapan dan rencana besar ini akan dikolaborasikan dengan potensi yang ada di lingkungan PP. al-Amien Prenduan atau para keluarga besar dan ansorul ma’had yang peduli terhadap pesantren.

Related posts

Leave a Comment