TIGA FAKULTAS EKONOMI DI MADURA MEMOTORI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Prenduan, (25/11/21) Lagi-lagi  gebrakan dilakukan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan (FEBI-IDIA) dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura (FEB-UTM) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (FEBI-INSTIKA).  Acara tersebut di format Focus Group Discussion (FGD) sebagai luaran dari kerjasama yang dilakukan sebelumnya.

Hadir dalam acara FGD Dekan FEBI IDIA, Dr. KH.  Holilur Rahman, MHI. Memberikan sambutan bahwa FGD dilakukan untuk mendesain Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Hal ini untuk melahirkan pedoman pengelolaan MBKM tingkat institusi, selanjutnya dilanjutkan dengan Standart Operasional (SOP) MBKM tingkat fakultas dan dilanjutkan dengan instruksi mengajar tingkat program studi.

Dari UTM, dekan FEB UTM Dr. Sutikno memberikan penjelasan dengan detail tentang proses konversi dari pedoman peraturan perundang-undangan sampai menjadi rencana pembelajaran semester atau RPS dalam setiap mata kuliah.

MBKM penting dilakukan mengingat mahasiswa tergolong zaman milenial dan zelenial.  Sehingga MBKM menjadi solusi dalam peningkatan pembelajaran di era disruptif. Oleh karena itu setiap fakultas, khususnya Fakultas Ekonomi berada di garda terdepan dalam mempraktekkan MBKM.

Hadir juga Dekan FEBI INSTIKA, Kiai Ahmad Majdi Tsabit, MM., menjelaskan bahwa kondisi sosio-kultural di wilayahnya banyak diisi oleh dosen yang berusia baby boomer, berusia diatas 40 tahun.

Kondisi tersebut menjadi satu tantangan tersendiri untuk bisa mengaplikasikan kurikulum MBKM. Namun dengan berkolaborasi dengan beberapa fakultas ekonomi dan bisnis Islam akan memudahkan dalam mengaplikasikan kurikulum MBKM tersebut ujarnya.

Akhir pertemuan Dekan FEBI IDIA menutup FGD dengan kaidah “ma aflaha man aflaha illa bisuhbati man aflaha”, tidak akan sukses orang yang sukses kecuali berkolaborasi dengan orang yang sukses. Semoga kesuksesan pembelajaran ini bisa dilakukan bersama-sama dengan 3 fakultas Ekonomi terbesar di pulau Madura ini.

 

Related posts

Leave a Comment