FEBI IDIA GANDENG DUA KAMPUS NEGERI

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IDIA menindaklanjuti program MBKM dengan menandatangi Memorandum of Agreement (MoA) dengan Fakultas Keislaman (FKIS) UTM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Madura (29/12/2012).

Penandatanganan MoA ini dihadiri oleh Dekan FEBI IDIA Prenduan Dr. KH. Holilur Rahman, M.H.I, Dekan FKIS UTM Shofiyun Nahidloh, S.Ag., M.HI, yang juga Penasehat Komisariat IAEI UTM dan Sekretaris VI DPW IAEI Jawa Timur dan Dekan FEBI IAIN Madura Dr. KH. Zainal Abidin, M.E.I. yang juga menjadi Ketua Komisariat IAEI IAIN Madura sekaligus Ketua VI DPW IAEI Jawa Timur.

Dalam kegiatan tersebut dilanjut dengan Focus Group Discussion dengan mengangkat tema “Prospek MBKM dalam Pembangunan Kawasan Ekosistem Halal”.

Dekan FEBI IDIA, KH. Holil dalam sambutannya menyatakan bahwa program MBKM ini perlu adanya kolaborasi untuk bisa lebih sistematis dan efektif. Sehingga akan membawa hal-hal yang lebih bermanfaat, baik untuk institusi maupun kepada masyarakat umumnya.

“Sebenarnya sudah lama kita mencoba menjajaki kerjasama yang lebih bermakna antar FEBI di lingkungan Madura. Kerjasama Ini tampaknya bersifat formal, namun sejatinya bersifat substantif. Kami merasa ini ada kesamaan ruh dan jiwa antara FEBI IDIA, FEBI IAIN dan FKIS UTM”. Tutur KH. Holil.

Saat FGD KH. Holil menyampaikan “Untuk menjadikan FGD kita lebih bermanfaat kita tindaklanjuti dengan Implementation of Agreement (IA) sebagai teknis pelaksanaan. Hal tersebut sangat berarti dalam proses akreditasi. Lebih dari pada itu, target dan sistemnya disesuaikan dengan kultur dan situasi yang aktual yaitu Pembangunan Kawasan Ekosistem Halal di Madura”.

Adapun tujuan sertifikasi halal diperlukan untuk menjaga dan memastikan hukum bagi konsumen muslim bahwa produk tersebut benar-benar halal, tuturnya.

Dengan adanya kegiatan ini IDIA Prenduan dapat bergabung dan bersinergi dengan keluarga besar IAEI Jawa Timur. Melalui sinergi cantik dari seluruh Komisariat IAEI di Madura ini semoga akan menjadi jembatan bagi IAEI berkontribusi nyata dalam pengarusutamaan ekonomi syariah di pulau Madura.

Related posts

Leave a Comment