Kerjasama International Community Service: “Waqf Bank and Islamic Social Finance at Al-Amien Islamic Boarding School”

Uncategorized

Islamic Development Management Studies University of Science Malaysia (USM), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Al-Amien (UNIA) Prenduan telah menjalin kerjasama dalam sebuah proyek International Community Service yang bertajuk “Waf Bank and Islamic Social Finance at Al-Amien Islamic Boarding School”. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan praktik keuangan syariah di lingkungan pesantren.

Proyek ini menghadirkan kerangka kerja baru dalam mengelola dana wakaf dan pengembangan keuangan syariah di Al-Amien Islamic Boarding School. Melalui kolaborasi dengan para pakar dan praktisi keuangan syariah dari tiga lembaga tersebut, pesantren diharapkan dapat mengoptimalkan potensi wakaf dan mendukung program-program pendidikan dan kesejahteraan sosial di lingkungan pesantren.

Kerjasama ini tidak hanya melibatkan pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara para ahli dan praktisi keuangan syariah, tetapi juga melibatkan mahasiswa dari ketiga institusi tersebut dalam kegiatan lapangan dan riset terkait. Dengan demikian, proyek ini tidak hanya menjadi sarana pengembangan ilmu, tetapi juga menjadi wahana pembelajaran praktis bagi generasi muda untuk mengaplikasikan konsep keuangan syariah dalam konteks nyata.

Dr. KH. Holilur Rahman, M.HI, perwakilan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UNIA Prenduan, menyatakan pentingnya kolaborasi lintas institusi dalam menghadirkan inovasi dalam pengelolaan keuangan syariah. Beliau juga menekankan bahwa proyek ini merupakan contoh konkrit dari bagaimana keuangan syariah dapat digunakan sebagai instrumen untuk memajukan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan berlangsungnya proyek “Waf Bank and Islamic Social Finance at Al-Amien Islamic Boarding School”, diharapkan pesantren dan masyarakat sekitarnya dapat semakin mengoptimalkan potensi wakaf dan keuangan syariah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi secara berkelanjutan. Kerjasama lintas institusi seperti ini menjadi contoh bagi kolaborasi yang inklusif dalam memajukan konsep keuangan syariah di tingkat lokal maupun internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *